Skip to content
S

Sipadu-BAAK

Project ID: 58

Pengembangan sistem informasi administrasi surat dan peminjaman ruang STIS. Modul yang dikembangkan adalah surat permintaan data, surat keterangan mahasiswa dan peminjaman ruang di website SIPADU mahasiswa dan aplikasi SIPADU desktop.

Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) merupakan salah satu unsur pelaksana administrasi STIS. Dari beberapa bagian kerja yang dilakukan BAAK, diantaranya terdapat proses pengajuan surat permintaan data, surat keterangan mahasiswa, dan peminjaman ruang. Namun, beberapa sistem yang ada di badan administrasi akademik dan kemahasiswaan (BAAK) seperti sistem administrasi surat permintaan data dan keterangan mahasiswa. Hal ini menyulitkan mahasiswa dan petugas BAAK dalam melakukan proses pengajuan tersebut. Kemudian, tidak ada pemberitahuan surat selesai pada sistem peminjaman ruangan sehingga mahasiswa harus keluar masuk BAAK untuk mengecek surat. Oleh karena itu, pada penelitian ini dikembangkan suatu sistem yang mengatasi masalah tersebut. Sistem yang dikembangkan bertujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mengurus pengajuan surat dan peminjaman ruang. Berdasarkan hasil analisis dan uji coba menggunakan uji black box dan System Usability Scale (SUS) menunjukan bahwa sistem yang dikembangkan dalam penelitian ini terbukti mampu mengatasi permasalahan yang ada dan membuat mahasiswa lebih mudah dalam mengurus surat dan peminjaman ruang.

Untuk petunjuk penggunaan bisa dibaca di sini USER_MANUAL.pdf